Lakukan 8 Hal Ini Agar Menjadi Lebih Ramah

Bukan hal yang mudah untuk selalu bersikap baik terhadap orang-orang, terutama ketika suasana hati kita sedang buruk (bad mood) atau ada seseorang yang mengganggu pikiran kita. Tetapi jika kita melakukan hal-hal yang dasar seperti selalu tersenyum ketika berpapasan dengan orang lain atau melakukan hal yang dapat membantu orang lain dengan begitu kita akan menciptakan lingkungan yang nyaman tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga bagi orang lain. Membuat orang lain jadi menghormati anda, hari-hari anda pun akan menjadi lebih cerah. Apa saja sih hal-hal yang membuat kita terlihat ramah, simak beberapa tips menjadi ramah berikut ini.

1. Selalu tersenyum.
Kita harus selalu tersenyum ramah setiap kali bertemu seseorang yang kita kenal dijalan. Tapi perlu diingat anda juga tidak boleh sembarang tersenyum terhadap orang asing, dikarenakan orang mungkin akan beranggapan anda seorang yang centil. Dan saat tersenyum usahakan sewajarnya saja, agar terlihat lebih sopan.

2. Memperkenalkan diri kepada orang-orang baru.
Jika anda baru saja pindah sekolah atau pindah tempat kerja. Orang sekitar anda pasti sudah mengenal satu sama lain, sedangkan anda belum mengenal mereka. Ada baiknya meluangkan waktu untuk memperkenalkan diri. Hal ini akan menjadikan lingkungan anda yang baru menjadi lebih nyaman dengan suasana yang penuh keakraban.
  
3. Berikan pujian yang tulus.
Semua orang suka mendapat pujian, jadi jangan takut untuk mengatakan sesuatu yang positif tentang orang lain. Tapi hati-hati, untuk tidak menyanjung mereka terlalu berlebihan. Terlalu banyak memberikan pujian dapat memberikan kesan bahwa anda seorang penjilat.

4. Bersikap sopan.
Anda harus sopan terhadap orang asing sekalipun. Misalnya ketika anda sedang berada dipusat perbelanjaan yang ramai dan tidak sengaja menabrak orang, anda harus mengatakan "maaf".

5. Jangan suka mengutuk.
Ini akan membuat Anda terlihat vulgar, dan pastinya tidak baik yaa. Jika orang melihat anda mengutuk dan marah, mereka tidak ingin berada disekitar anda.

6. Menawarkan bantuan.
Sangat penting untuk menawarkan bantuan kepada orang-orang disekitar kita, apakah itu orang dengan tangan penuh dengan barang bawaan sehingga tidak dapat membuka pintu, seorang anak yang menjatuhkan mainan, atau orang tua yang memiliki kesulitan berjalan. Suatu hari, kita mungkin memerlukan bantuan orang lain, sehingga kita akan mendapatkan balasannya. So lakukan hal baik selagi bisa.
    
7. Jadilah pendengar yang baik.
Salah satu cara untuk bersikap baik kepada orang yang Anda kenal adalah meluangkan waktu untuk mendengarkan mereka. Hentikan semua kegiatan anda seperti SMSan, chatingan, dan mulailah dengarkan baik-baik apa yang dikatakan orang terdekat anda.
    
8. Tanyakan apa yang sedang dilakukan.
Cukup dengan meluangkan waktu untuk mengatakan, "Bagaimana kabarmu?" itu akan berarti bagi seseorang. Tapi tentu saja, jangan hanya mengajukan pertanyaan ini anda dapat menanyakan hal lainnya yang membuat orang merasa bahwa anda peduli terhadapnya.

0 Response to "Lakukan 8 Hal Ini Agar Menjadi Lebih Ramah"

Post a Comment