Cara Menghibur Teman Yang Mengalami Kesedihan Yang Mendalam

  
Semua orang pasti pernah merasa sedih. Ada yang bersedih karena diputus pacar, orang tuanya menderita sakit parah, orang tuanya baru saja meninggal atau tertimpa musibah lainnya. Bagaimana jika yang sedang bersedih itu teman kita ? Hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menghiburnya. Berempati dengan apa yang ia alami, dan membantunya mendapatkan sedikit keceriaan. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara untuk menghibur seseorang, berikut adalah beberapa tips menghibur teman yang sedang bersedih.


1. Jadi pendengar yang baik
Seseorang yang sedang sedih atau stres terkadang hanya ingin didengarkan dan memiliki kesempatan untuk melampiaskan. Jangan pernah memotong pembicaraan ketika ia sedang bercerita kecuali ada jeda yang memungkinkan anda untuk berkomentar.
        
Tunjukkan bahwa anda benar-benar tertarik dengan masalah yang sedang ia hadapi. Semakin tertarik pada masalah yang ia hadapi, anda akan terlihat semakin peduli padanya.

Jangan biarkan ia beranggapan bahwa ia telah membebani anda. Sebagian orang berpikiran jika berbagi cerita dengan orang lain hal itu justru akan menambah beban si pendengar. Tunjukan padanya bahwa anda senang dan berikan beberapa saran jika anda bisa.
     
 
2. Tanyakan pertanyaan yang relevan
Tidak ada cara yang lebih baik untuk terlibat dalam percakapan selain mengajukan pertanyaan, terutama pertanyaan tentang masalah yang sedang dihadapi. Pertanyaan yang berkaitan adalah kunci di sini. Mengajukan pertanyaan yang tidak ada hubungannya dengan masalah akan membuat bingung.

    
3. Setelah mendengarkan, memberi nasihat jika diminta
Setelah mencari tahu apa masalahnya, bicarakan tentang tindakan apa saja yang harus dilakukan. Biarkan mereka tahu bahwa Anda memiliki gagasan tentang apa yang bisa ia lakukan.

Ingat, jarang ada solusi tunggal yang sempurna untuk masalah. Pastikan untuk menawarkan orang yang ingin anda hibur dengan beberapa pilihan, dan pastikan mereka memahami bahwa mereka memiliki pilihan lain. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah untuk memberikan saran dengan menggunakan kata-kata seperti "mungkin". Dengan cara ini mereka tidak akan merasa bersalah jika mereka memutuskan untuk tidak mengikuti saran Anda.
        

4. Usahakan bertatap muka langsung
Mengirim ucapan lewat pesan teks tidak akan menunjukkan bahwa anda benar-benar peduli. Untuk menunjukkan bahwa anda benar-benar peduli secara pribadi anda dapat mengunjunginya. Karena begitu banyak kehidupan yang dihabiskan di belakang layar sekarang, kunjungan dan bertatap muka merupakan sesuatu yang berarti.

       
5. Memberi hadiah
Memberikan hadiah kepada seseorang dapat mencerahkan seluruh harinya, bukan hadiahnya yang lebih penting disini, tapi sikap memberi hadiah kepada orang lain.

Sebuah hadiah tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Hadiah bisa berupa membawa mereka ke tempat yang menyenangkan, atau menunjukkan kepada mereka cara melipat origami. Hal kecil seperti ini sering lebih berharga daripada sesuatu yang Anda beli di toko.
        

6. Cobalah untuk membuatnya tersenyum dan tertawa
Buat ia tersenyum dengan mengingatkan betapa anda peduli terhadapnya atau jika anda tahu ia akan baik-baik saja  anda bisa  menggelitiknya.
    
Membuat ia tertawa. Ceritakan lelucon lucu untuk memecah kebekuan setelah berbicara tentang masalah dalam waktu yang lama. Jangan takut untuk mengolok-olok diri sendiri. Mengolok-olok orang yang ingin anda hibur itu sulit. Mengolok-olok diri sendiri lebih mudah. Ceritakan ketika Anda merasa malu pada diri sendiri, melakukan sesuatu yang ceroboh, atau terjebak dalam situasi tidak menyenangkan. Teman Anda akan menghargai humor.

        
7. Cobalah untuk mengalihkan pikiran mereka dari masalah
Sekarang setelah anda mendengarkan, menawarkan saran dan mengulurkan kebaikan, cobalah untuk memastikan ia tidak memikirkan masalah yang dapat membuatnya tertekan. Jangan mengatakan sesuatu seperti "Pokoknya, bla bla". Sebaiknya, memberi ia waktu untuk merefresh pikiran, dan kemudian mencoba mengatakan sesuatu seperti "Mau dengar cerita lucu?"
        

    Ketahuilah bahwa kadang-kadang orang harus bersedih. Dengan bersedih beberapa orang akan mendapatkan keuntungan dari kesedihannya tersebut seperti mempunyai waktu untuk refleksi, intropeksi diri, atau lahir menjadi pribadi yang baru yang tentunya lebih baik. Teman Anda mungkin hanya perlu waktu untuk menghadapi kesedihan.
        
Setiap orang memiliki waktu pulih yang berbeda dalam mengatasi kesedihan. Jika mereka masih berduka atas suatu peristiwa, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah tetap di sisi mereka.

0 Response to "Cara Menghibur Teman Yang Mengalami Kesedihan Yang Mendalam"

Post a Comment