Stop Makan Terlalu Cepat !

pola makan sehat, diet, cara menguruskan badan, agar tidak gemuk, efek makan terburu-buru, gaya hidup sahat, makanan sehat, cara makan yang baik, Stop Makan Terlalu Cepat !
Ingin Langsing ? Biasakan makan pelan-pelan. Kesibukan cenderung membuat kita makan terlalu cepat, entah dengan sendokan atau gigitan yang terburu-buru. Tingkat kecepatan makan anda dapat membuat tubuh menjadi gemuk.

Menurut sebuah studi dari Universitas Osaka di Jepang, wanita dua kali lipat berpeluang menjadi gemuk karena makan terlalu cepat, sementara laki-laki yang mempercepat makan 84 persen lebih mungkin untuk menjadi gemuk. Penelitian, yang memantau kebiasaan makan dari 3.000 orang, menunjukkan bahwa makan terlalu cepat menimpa mekanisme di otak yang memberitahu kita kenyang.

Diperkirakan bahwa dibutuhkan 20 menit setelah Anda mulai makan untuk memberi pesan ke otak anda untuk berhenti makan, jadi jika anda selesai makan dalam waktu cepat, anda beresiko kelebihan isian perut. Makan dengan cepat dan terburu-buru menyebabkan makanan turun sangat cepat sehingga pada saat mengirim sinyal perut ke otak, perut sudah dalam keadaan kelebihan isi. Konsekuensinya adalah kita menambah kalori yang tidak perlu dan menambah berat badan.

Selain kenaikan berat badan dan ketidaknyamanan pun muncul akibat terlalu penuh mengisi perut anda seperti kembung dan gangguan pencernaan, juga beresiko mengalami komplikasi kesehatan yang serius. Penelitian dari Medical University of South Carolina menemukan bahwa menelan makanan terlalu cepat dapat meningkatkan resiko refluks asam, yang dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan termasuk penyakit refluks gastroesofageal(Refluks asam lambung), penyempitan kerongkongan, pendarahan, atau kondisi pra-kanker  kerongkongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makan makanan 690 kalori dalam lima menit bukan 30 menit menghasilkan hingga 50 persen lebih refluks asam lambung. Refluks asam lambung yaitu suatu kondisi dimana isi dari lambung yang mengalir kembali ke kerongkongan.

Jadi hentikan kebiasaan makan cepat. Berikut tips untuk memperlambat makan anda.

Matikan TV

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition dikategorikan ke dalam kelompok pemakan 'perhatian' dan 'terganggu', dan menemukan, orang yang makan dengan kondisi terganggu cenderung makan lebih banyak dalam posisi duduk. Itulah sebabnya mengapa kebiasaan buruk seperti makan di jalan atau sambil menonton tv benar-benar dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda, yang mengarah ke gangguan pencernaan, penyerapan nutrisi yang buruk, sakit perut dan kembung.

Menikmati makanan

Direkomendasikan menyisihkan 15 menit untuk camilan, dan setidaknya 30 menit untuk menikmati makanan utama. Tenang ketika anda sedang makan. Jangan terus memperhatikan jam tangan anda atau berpikir tentang semua yang harus anda lakukan setelah makan. Dengan menikmati makan secara santai tidak hanya akan meningkatkan kesenangan anda, tetapi juga memberikan manfaat bagi tubuh. Menelan dan mencerna akan bekerja dengan baik jika dilakukan secara perlahan-lahan.

Jangan minum terlalu banyak

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum terlalu banyak air selama makan dapat mengacaukan tingkat asam dalam lambung dan memperlambat pencernaan. Hindari minum terlalu banyak saat makan. Cairan tidak hanya akan memperbanyak isi perut, tetapi juga mencairkan enzim pencernaan dalam mulut dan asam esensial dalam perut.


Cicipi makanan anda

Penelitian baru-baru menemukan bahwa 60 persen dari populasi Inggris mengaku tidak pernah atau jarang mencicipi apa yang mereka makan. Pengunyahan, proses dimana makanan di mulut kita dipecah menjadi fragmen yang lebih kecil dan dicampur dengan air liur, merupakan tahap pertama dari proses pencernaan. Pengunyahan yang kurang optimal berarti kita gagal untuk menikmati rasa dan tekstur makanan. Hal ini juga dapat mengakibatkan berbagai masalah, mulai dari gangguan pada pencernaan dan mulas, juga penyerapan nutrisi penting yang tidak memadai dari makanan. "

Mengunyah dengan benar

Tanpa mengunyah makanan anda dengan benar, tubuh anda tidak bisa mencernanya. kunyahlah makanan Anda dengan hati-hati. Ambil suapan kecil sehingga enzim dalam air liur dapat memotong makanan lebih kecil dan membantu pencernaan lebih cepat. Semakin besar porsi makanan di mulut anda, kurang efektif untuk dikunyah dan dinikmati.

Menyiapkan makanan

Ketika terdesak jam istirahat kantor atau sekolah membuat kita memilih makanan yang buruk. Kita cenderung memilih snack atau camilan yang mudah didapat. Makanan seperti ini biasanya mengandung banyak gula, garam dan lemak jenuh, nutrisi yang lebih sedikit, dan harga yang lebih mahal. Membawa bekal makanan dalam tas bisa membuat anda lebih santai dalam menikmati makanan.

0 Response to "Stop Makan Terlalu Cepat ! "

Post a Comment