Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Yang Lezat

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Yang Lezat, ayam bakar, ayam bakar bumbu rujak, resep ayam, resep lezat, cara membuat ayam bakar tanpa ribet dan murah pastinya yummmyy...
Ayam bakar bumbu rujak adalah kuliner khas dari Jawa Timur. Ayam bakar yang menggunakan bumbu rujak ini memiliki sensasi pedas ketika dinikmati. Cara membuat ayam bakar bumbu rujak cukup mudah. Terlebih bahan yang digunakan mudah didapat. Tentu saja ayam merupakan bahan utama dalam membuat resep ini. Untuk lebih lengkapnya simak langkah-langkah membuat ayam bumbu rujak berikut.

Bahan

1 ekor ayam (berukuran kecil), dipotong menjadi empat bagian
3 sdm minyak, umtuk menumis

Bumbu

6 siung bawang putih
6 siung bawang merah
2 cm kunyit
8 buah cabai merah keriting
½ sdt terasi
3 cm jahe, dimemarkan
3 cm lengkuas, dimemarkan
3 lembar daun salam
2 batang serai, dimemarkan
1 sdt garam
1 sdm gula putih
500 ml santan

Cara membuat

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah, dan terasi. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama jahe, lengkuas, daun salam, dan serai hingga berubah warna dan harum.
2. Masukkan ayam, aduk-aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan santan dan bumbu lainnya. Masak ayam dengan api kecil hingga ayam menjadi empuk dan kuah kuah mengental, kemudian angkat ayam.
4. Bakar ayam hingga kecokelatan sambil sesekali diolesi bumbu rebusan, lalu angkat, sajikan ayam dengan sambal terasi atau sisa bumbu rebusan.
         

Tips :
Saat membakar ayam sebaiknya menggunakan arang batok kelapa agar aromanya lebih harum.

0 Response to "Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Yang Lezat"

Post a Comment