Tips Kuku Kuat dan Sehat

ciri-ciri kuku sehat, cara menjadikan kuku kuat dan sehat, tips merawat kuku


Apakah kuku mu terlihat kusam dan tidak sehat? Apakah kuku mu juga mudah patah? Jangan sedih kamu tidak sendirian kok. Ini masalah yang umum dihadapi banyak wanita.

Kuku terdiri dari lapisan laminasi dari protein yang disebut dengan keratin. Kuku yang sehat dan halus, memiliki ciri tanpa lubang atau alur. Selain itu, kuku yang sehat warnanya seragam serta konsisten dan bebas dari bintik-bintik atau perubahan warna.

Di sisi lain, kuku yang tidak sehat memiliki ciri mudah patah dan tidak mudah tumbuh. Selain itu, kuku yang tidak sehat juga memiliki tanda-tanda menguning dan perubahan warna.

Kuku lemah dan tidak sehat dapat diakibatkan karena kelalaian dan perawatan yang tidak tepat. Kuku yang kering menjadi lebih mudah rapuh. Paparan jangka panjang terhadap air atau bahan kimia, seperti deterjen dan cat kuku, adalah alasan utama di balik kuku yang rapuh.

Sebuah gaya hidup sehat, perubahan pola makan, perawatan kuku yang tepat dan beberapa pengobatan sederhana dapat membantu memperbaiki masalah dan membuat kuku Anda kuat dan sehat.

Berikut cara untuk membuat kuku Anda kuat dan sehat secara alami.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah obat yang sangat baik untuk kuku yang rapuh. Minyak ini membantu melembabkan kuku. Minyak zaitun juga membantu memperbaiki kerusakan dan melembutkan kuku dan kutikula, sehingga menjadikan kuku kuat dan sehat.

Pijat kuku Anda secara menyeluruh dengan beberapa tetes minyak zaitun hangat, meliputi bagian atas dan bawah kuku Anda. Tunggu 15 menit, kemudian cuci dengan air. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari.

2. Teh Hijau

Teh hijau juga dapat membuat kuku Anda kuat dan sehat. Antioksidan dalam teh hijau membantu mencegah kuku rapuh serta memperkuat kuku. Selain itu, teh hijau membantu menyingkirkan discoloring kuning.

Seduh secangkir teh hijau dan biarkan hingga dingin. Rendam kuku Anda di dalamnya selama 10 sampai 15 menit, lakukan dua kali seminggu.

3. Minyak Vitamin E 

Minyak vitamin E adalah obat lain yang baik untuk membuat kuku lebih kuat. Kandungan pelembab dalam minyak vitamin E membantu menjaga kuku Anda terhidrasi dan sehat.

  • Buka kapsul vitamin E untuk mengekstrak minyak.
  • Oleskan minyak pada kuku Anda dan pijat dengan lembut selama beberapa menit.
  • Lakukan setiap hari sebelum Anda tidur selama beberapa minggu.


4. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Protein

Untuk mendapatkan kuku yang kuat dan sehat, para ahli menyarankan untuk meningkatkan asupan protein. Kuku terbuat dari keratin, sejenis protein. Oleh karena itu, makanan yang mengandung protein akan membantu pertumbuhan kuku yang kuat. Selain itu, kekurangan protein dapat menyebabkan bintik-bintik putih pada kuku Anda dan membuat kuku menjadi rapuh.

Sertakan makanan yang kaya protein dalam pola makan Anda, seperti ayam, telur, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan, makanan laut, kedelai, dan tahu.

Tips Tambahan


  • Hindari pemakaian cat kuku serta kuku palsu.
  • Batasi paparan kuku dari bahan kimia.
  • Hindari menghabiskan banyak waktu dengan tangan didalam air karena dapat melunakkan kuku, menyebabkan kuku mudah pecah.
  • Seabaiknya jangan memanjangkan kuku. Semakin pendek kuku Anda, akan semakin kuat. 
  • Berhenti menggigit kuku Anda.


0 Response to "Tips Kuku Kuat dan Sehat"

Post a Comment