Cara Obati Sakit Perut

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

loading...
cara alami dan tradisional obati sakit perut, maag, sembelit, dan gangguan pencernaan, bahan alami untuk mengatasi sakit perut secara cepat dan aman

Sakit perut adalah masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak-anak, orang dewasa maupun lansia. Gelaja sakit perut pun bermacam-macam dari mulai sakit perut ringan sampai nyeri yang tajam di perut, kram perut, mual, diare, kembung serta muntah.

Beberapa penyebab umum sakit perut adalah gangguan pencernaan, mulas, sembelit, infeksi lambung, makan berlebihan serta intoleransi laktosa. Namun, sakit perut juga bisa disebabkan oleh masalah yang lebih serius seperti maag, hernia, infeksi saluran kemih, batu empedu, dan usus buntu.

Beberapa pengobatan alami dan sederhana dapat memberikan bantuan cepat dalam menangani sakit perut. Pengobatan tradisional ini sangat efektif untuk sakit perut akibat gangguan pencernaan, gas, serta kembung.

Berikut solusi atasi sakit perut

1. Jahe

Jahe memiliki antioksidan serta anti-inflamasi sifat yang membantu mengatur proses pencernaan, yang membantu meredakan sakit perut. Selain itu, jahe membantu mengurangi produksi radikal bebas serta meningkatkan cairan pencernaan dan menetralisir asam lambung.

  • Potong 1 jahe segar ukuran sedang menjadi irisan tipis.
  • Didihkan satu cangkir air dan tambahkan irisan jahe. Rebus selama tiga menit.
  • Angkat, saring, tambahkan madu secukupnya.
  • Minum air jahe dua atau tiga kali sehari untuk meredakan sakit perut dan memperbaiki pencernaan.


2. Adas

Untuk sakit perut karena gangguan pencernaan, biji adas dapat memberikan bantuan cepat karena mengandung diuretik, karminatif, pengurang rasa nyeri serta antimikroba properti. Biji adas bisa meredakan gejala gangguan pencernaan lain seperti gas dan kembung juga.

Tambahkan satu sendok teh biji adas yang telah dihancurkan pada secangkir air mendidih dan rebus selama delapan sampai 10 menit. Angkat dari api, diamkan hingga dingin lalu saring. Tambahkan sedikit madu lalu minum secara perlahan.

3. Peppermint

Peppermint juga bisa mengurangi sakit perut. Efek antispasmodic yang terkandung pada peppermint membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh gas. Peppermint juga dapat meningkatkan proses pencernaan.

Dua sampai tiga cangkir teh peppermint dapat meringankan sakit perut. Untuk membuat teh, tambahkan 1 sendok teh peppermint kering untuk satu cangkir air mendidih. Diamkan selama 5 sampai 10 menit, saring dan tambahkan sedikit madu. Minum teh perlahan.

4. Yogurt

Yogurt baik untuk kesehatan perut Anda. Bahkan, yogurt dengan bakteri baik meningkatkan pencernaan dan mengurangi sakit perut karena gangguan pencernaan.

  • Campurkan 2 sendok makan yogurt tawar (plain yoghurt) dan sejumput garam dalam secangkir air.
  • Campurkan juga 3 sendok teh jus yang diekstrak dari daun ketumbar segar.
  • Tambahkan 1½ sendok teh bubuk kapulaga.
  • Minum 1 jam setelah makan untuk meredakan sakit perut.


5. Kompres Hangat

Panas adalah salah satu cara untuk meredakan sakit perut. Ini akan meningkatkan sirkulasi dan mempercepat proses pencernaan. Makanan akan dicerna dengan baik, serta nyeri perut akan berkurang.

Tempatkan bantal pemanas atau botol air panas pada perut Anda selama lima sampai 10 menit. Untuk hasil terbaik, berbaring dengan perangkat pemanas di atas perut Anda. Lakukan hal ini beberapa kali sehari.
atau mandi air hangat selama 15 sampai 20 menit setidaknya dua kali sehari juga akan membantu meringankan sakit perut.
Jika nyeri perut terjadi lebih dari 3 hari dan Anda mengalami gejala seperti demam dan sakit kepala, Anda harus mengunjungi dokter segera.

Belum ada Komentar untuk "Cara Obati Sakit Perut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel