Cara Membuat Antibiotik Alami

Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi bakteri. Ketika digunakan dengan benar, antibiotik dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan masalah seperti infeksi telinga, masalah perut serta beberapa masalah kulit.

Berbagai jenis antibiotik bekerja melawan berbagai jenis bakteri dan beberapa jenis parasit. Dokter meresepkan antibiotik tergantung pada kuman tertentu (bakteri atau parasit) yang menyebabkan infeksi.

Namun, antibiotik tidak melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti pilek, flu, batuk, dan sakit tenggorokan. Antibiotik juga tidak bekerja melawan infeksi jamur.

Antibiotik telah menjadi salah satu obat yang paling sering diresepkan saat ini. Hal ini berbahaya karena berlebihan antibiotik dan penyalahgunaan antibiotik menyebabkan resistensi antibiotik.

Selain itu, penggunaan berlebihan antibiotik dapat membunuh bakteri pertahanan normal yang hidup di usus dan menyebabkan efek samping seperti diare, perut mudah sakit dan mual.

Banyak makanan bertindak sebagai antibiotik alami dan efektif dalam mengobati banyak masalah kesehatan. Berbeda dengan obat antibiotik kimia, antibiotik alami dapat melawan infeksi virus dan jamur. Juga tidak membunuh bakteri 'baik' yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, antibiotik alami saja mungkin tidak cukup untuk mengobati infeksi serius, meskipun untuk infeksi serius seperti tifus, TBC dan lain-lain, yang terbaik adalah untuk menggunakan antibiotik alami sebagai pengobatan tambahan bersama dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Pastikan Anda menyelesaikan pengobatan seperti yang disarankan oleh dokter, agar tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri dan bahkan menyebabkan kuman menjadi resisten terhadap obat, serta mengakibatkan penyakit yang lebih serius.

Berikut adalah 5 bahan antibiotik alami.

1. Bawang Putih

obat-obatan antibiotik alami, khasiat obat herbal, khasiat kunyit dan jahe

Bawang putih adalah antibiotik alami sekaligus sebagai agen antijamur dan antivirus. Sebuah studi tahun 1999 yang diterbitkan dalam jurnal Mikroba dan Infeksi menemukan bahwa senyawa sulfur dikenal sebagai allicin dalam bawang putih bertindak sebagai antibiotik alami. Selain itu, bawang putih mengandung sejumlah vitamin, nutrisi serta mineral yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Hal ini juga membantu membunuh parasit usus.

Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah dalam keadaan perut kosong setiap hari. Juga, termasuk bawang putih dalam masakan Anda.

2. Madu

obat-obatan antibiotik alami, khasiat obat herbal, khasiat kunyit dan jahe

Madu dianggap sebagai salah satu antibiotik alami terbaik. Madu mengandung antimikroba, anti-inflamasi dan antiseptik. Sebuah studi 2014 yang dipresentasikan pada pertemuan American Chemical Society menemukan bahwa madu memiliki kemampuan untuk melawan infeksi pada beberapa tingkat, sehingga lebih sulit bagi bakteri untuk mengembangkan resistensi untuk itu.

Kombinasi unik dari hidrogen peroksida, keasaman, efek osmotik, kadar gula tinggi dan polifenol membantu membunuh sel-sel bakteri. Untuk mendapatkan manfaat antibiotik madu, selalu gunakan madu organik. Madu manuka (madu yang diperoleh dari bunga manuka) juga merupakan pilihan yang baik dan telah ditemukan untuk menjadi bermanfaat dalam pengobatan luka.

Untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, campur dalam jumlah yang sama madu dan kayu manis dan makan sekali sehari.
Menambahkan madu untuk teh, smoothies dan jus adalah cara lain yang sangat baik untuk menikmati manfaat madu bagi kesehatan.

3. Minyak Oregano

obat-obatan antibiotik alami, khasiat obat herbal, khasiat kunyit dan jahe

Menurut sebuah studi 2001 oleh Georgetown University Medical Center, minyak oregano merupakan pengobatan yang efektif terhadap bakteri yang resisten terhadap obat. Carvacrol, komponen kimia dalam minyak oregano, membantu mengurangi infeksi seefektif antibiotik tradisional.

Minyak Oregano ini juga mengandung antioksidan, antiseptik, antivirus, antijamur, anti-inflamasi, antiparasit dan penghilang rasa sakit.

Untuk mengobati infeksi kaki atau kuku, tambahkan beberapa sendok teh minyak oregano ke bak berisi air hangat. Rendam kaki di dalamnya selama beberapa menit setiap hari selama seminggu.
Untuk sinus dan infeksi saluran pernapasan atas lainnya, teteskan beberapa tetes minyak oregano dalam panci air mendidih dan hirup uapnya. Lakukan ini sekali sehari sampai infeksi sembuh.

4. Kunyit

obat-obatan antibiotik alami, khasiat obat herbal, khasiat kunyit dan jahe

Dalam pengobatan Ayurvedic dan Cina, sifat antibiotik kunyit digunakan untuk membantu menghancurkan bakteri yang menyebabkan penyakit dan mendukung pertahanan alami tubuh. Selain itu, membantu mencegah infeksi bakteri pada luka.

Menurut sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Antimicrobial Agents and Chemotherapy, aktivitas antimikroba dari kurkumin terhadap helicobacter pylori menunjukkan hasil yang positif. Kurkumin adalah bahan aktif dalam kunyit.

Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dan 5 sampai 6 sendok makan madu. Simpan dalam stoples kedap udara. Konsumsi ½ sendok teh campuran ini dua kali sehari.

5. Jahe

obat-obatan antibiotik alami, khasiat obat herbal, khasiat kunyit dan jahe

Properti antibiotik alami Ginger membantu mencegah dan mengobati banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri. Jahe segar memiliki efek antibiotik terhadap patogen yang ditularkan melalui makanan seperti salmonella. Jahe juga memiliki efek antibakteri pada infeksi pernapasan dan periodontal.

Teh jahe dapat dijadikan tindakan pencegahan terhadap infeksi bakteri. Untuk membuat teh jahe, parut 1 inci jahe segar dan didihkan sekitar 1 ½ cangkir air selama 10 menit. Saring, tambahkan madu dan jus lemon untuk rasa dan minum.

0 Response to "Cara Membuat Antibiotik Alami"

Post a Comment