Obat Tradisonal Untuk Anoreksia

gejala dan penyebab anoreksia, tips obati anoreksia, cara alami sembuhkan anoreksia


Anoreksia Nervosa atau dikenal dengan anoreksia, adalah gangguan makan yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang parah. Karakteristik utama dari gangguan ini adalah berat badan yang tidak normal, ketakutan akan berat badan dan persepsi yang tidak akurat dari berat badan seseorang. Anoreksia sebagian besar didiagnosis pada wanita remaja.

Penyebab pasti dari anoreksia nervosa tidak diketahui, tetapi gangguan tersebut diyakini hasil dari kombinasi emosional, psikologis, sosial dan fisik. Genetika dan hormon dapat berkontribusi dalam perkembangan gangguan makan ini. Tekanan yang berlebihan dari orang-orang sekitar untuk tampak kurus dan menarik juga dapat menjadi faktor.

Untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan, orang yang menderita anoreksia hanya makan sedikit kalori, tidak mengikuti kebiasaan makan normal dan olahraga berlebihan. Beberapa orang juga menggunakan obat pencahar, diuretik atau dimuntahkan untuk menghilangkan makanan yang mereka makan.

Beberapa gejala anoreksia adalah berat badan tubuh yang menurun drastis, kelelahan, insomnia, kulit pucat, kuku rapuh, rambut rontok, kulit kering, sembelit, depresi, siklus menstruasi yang tidak teratur, tekanan darah rendah dan menjadi anti sosial.

Bila tidak diobati tepat waktu, anoreksia dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti irama jantung yang abnormal (aritmia), ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, anemia, kehilangan tulang, masalah ginjal dan banyak lagi.

Penderita anoreksia biasanya tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah, yang membuat pengobatan menjadi sulit. Tujuan utama pengobatan adalah untuk meningkatkan nafsu makan seseorang untuk membantu membangun kebiasaan makan yang sehat dan mengembalikan berat badan normal.

Berikut pengobatan tradisional untuk menyembuhkan anoreksia yang bisa Anda coba dirumah.

1. Bawang Putih

Bawang putih berperan sebagai perangsang nafsu makan alami. Selain itu, membantu dalam sekresi jus yang membersihkan sistem pencernaan.

  • Masukkan 3 sampai 4 siung bawang putih cincang halus dan 1 cangkir air kedalam panci.
  • Rebus selama beberapa menit, kemudian saring.
  • Tambahkan 2 sendok makan jus lemon dan sedikit garam kasar.
  • Minum larutan ini dua kali sehari selama beberapa minggu.


2. Jahe

Jahe juga dapat merangsang nafsu makan sehingga Anda tidak akan melewatkan jam makan Anda. jahe juga dapat secara efektif menenangkan saraf Anda dan mengurangi stres dan kecemasan.
Ambil ½ sendok teh jahe cincang halus dan tambahkan sedikit garam kasar. Konsumsi 30 menit sebelum makan setiap hari selama beberapa minggu.

3. Jeruk

Buah-buahan segar seperti jeruk dapat secara efektif mengobati anoreksia dengan merangsang nafsu makan Anda. Jeruk akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Hal ini penting untuk membersihkan sistem pencernaan Anda, karena tanpa pencernaan yang sehat, Anda tidak akan merasa lapar. Selain itu, wangi jeruk dan kulit jeruk membantu menenangkan saraf dan melawan depresi dan kecemasan.

Makan beberapa jeruk atau minum segelas jus jeruk segar beberapa kali dalam sehari untuk meningkatkan nafsu makan. Untuk membuat jus lebih lezat, tambahkan garam, jus lemon dan sedikit lada hitam.
Untuk meningkatkan mood Anda, menghirup aroma kulit jeruk.

4. Pijat

Sebuah studi 2001 yang dipublikasikan dalam jurnal Eating Disorder menemukan bahwa terapi pijat dua kali seminggu dapat membantu mengurangi gejala anoreksia. Pijat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Juga meningkatkan kadar dopamine dan norepinephrine yang membantu membuat tubuh terlihat jauh lebih positif dan sehat. Diindonesia sendiri terapi pijat sudah digunakan sejak dulu untuk mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya untuk meningkatkan nafsu makan.

Jenis pijat remedial merupakan pilihan terbaik untuk anoreksia. Ini adalah terapi pijat yang melibatkan manipulasi sistematis jaringan lunak tubuh. Dapatkan pijatan ini oleh terapis pijat terlatih setidaknya 3 atau 4 kali seminggu.

Anda juga dapat memijat tubuh Anda, terutama pa bagian leher, bahu, punggung serta bagian bawah kaki Anda, dengan minyak zaitun atau minyak kelapa sebelum tidur. Ini akan membantu tubuh Anda rileks dan mengurangi kecemasan.

5. Yoga

Yoga dapat membantu memerangi penyebab emosional anoreksia. Menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health, terapi yoga individual menjanjikan sebagai terapi tambahan untuk perawatan standar untuk anoreksia dan gangguan makan lainnya.

Beberapa pose yoga yang membantu dalam mengobati anoreksia adalah kepiting Pose (Catuspadapitham), Pigeon Pose (Kapotasana), Locust Pose (Salabhasana), Gunung Pose (Tadasana), Dewi Pose (Utkata Konasana) dan Squat Pose (Malasana).

Pelajari pose yoga ini dari seorang ahli untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar.

6. Teh Herbal

Teh herbal tertentu dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan minat Anda dalam makan. Secangkir teh herbal seperti teh hijau, teh chamomile, atau teh thyme, dapat menyegarkan juga dapat melawan kelelahan, stres dan kecemasan. Hal ini juga dapat meningkatkan fokus mental dan membuat Anda terhidrasi dan berenergi.

Cobalah minum secangkir teh herbal favorit Anda setiap hari untuk meningkatkan asupan cairan dan meningkatkan nafsu makan Anda.

Tips tambahan


  • Makan lebih banyak makanan pedas untuk membantu membuat nafsu makan yang kuat.
  • Makan segenggam kenari dan almond setiap hari, karena dapat membantu meningkatkan kesehatan emosional.
  • Minum air yang cukup sepanjang hari tetapi tidak mengisi perut dengan air saja.
  • Dukungan keluarga adalah dorongan penting untuk pemulihan pasien.
  • Orang tua harus mengajarkan anak-anak mereka bagaimana gaya hidup sehat dan aktif.


0 Response to "Obat Tradisonal Untuk Anoreksia"

Post a Comment