Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

khasiat buah anggur bagi tubuh dan kesehatan, mengobati sembelit dengan buah anggur, menurunkan kolesterol jahan dengan buah anggur, tips mengatasi kelelahan


Buah angggur memiliki berbagai warna yakni ungu, merah, hitam, biru tua, kuning, hijau, oranye serta merah muda. Anggur dapat dimakan langsung atau digunakan untuk membuat minuman anggur, ekstrak biji anggur, cuka, selai, jus, jelly, kismis, serta minyak biji anggur.

Buah anggur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dikarenakan dalam buah anggur mengandung serat, protein, tembaga,  zat besi, asam folat, kalium, vitamin C, A, K, serta B2. Anggur juga tinggi antioksidan, anti-inflamasi dan antimikroba serta fitonutrien, terutama fenol serta polifenol. Anggur juga memiliki kandungan air yang tinggi dan baik untuk hidrasi.

Rata-rata ukuran porsi untuk konsumsi buah anggur adalah sekitar 1 cangkir atau 32 buah anggur.

Berikut manfaat buah anggur bagi kesehatan.


1. Melindungi Tubuh dari Kanker dan Melawan Kanker 

Antioksidan dan anti-inflamasi dalam anggur membantu melindungi tubuh kita dari kanker. Anggur mencegah stres oksidatif kronis serta peradangan kronis, dua faktor penting penyebab kanker. Tak hanya mengurangi resiko kanker, anggur juga menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

Menurut riset yang dilakukan pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, anggur muscadine mengandung senyawa fenolik alami yang menunjukkan sifat antikanker.

Anggur sangat efektif dalam mengurangi resiko kolorektal, paru-paru, prostat, juga kanker payudara. Senyawa resveratrol yang terdapat dalam kulit anggur adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari sinar UVB yang merusak kulit, sehingga mengurangi resiko kanker kulit.

Untuk mengurangi resiko terserang kanker, lebih baik nikmati buah anggur segar dengan langsung dimakan atau dijus ketimbang dalam bentuk suplemen.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak

Mengkonsumsi anggur secara teratur dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah penurunan memori yang berkaitan dengan usia. Resveratrol dalam anggur meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan respon mental. Anggur bahkan dapat menunda timbulnya penyakit saraf degeneratif seperti demensia.

Anggur juga mencegah plak otak yang merusak dan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kita terkena penyakit Alzheimer. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, Concord suplementasi jus anggur meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan kognitif ringan.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Flavonoid dan antioksidan dalam anggur membantu meningkatkan kadar kolesterol. Buah anggur dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat), dan meningkatkan HDL (kolesterl baik).

Menurut sebuah penelitian oleh University of Wisconsin Medical School, mengkonsumsi secara rutin jus anggur ungu meningkatkan fungsi endotel dan mengurangi kerentanan kolesterol LDL terhadap oksidasi pada pasien dengan penyakit arteri koroner.

Buah anggur juga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang mencegah pembekuan darah dan mengurangi resiko serangan jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Makan buah anggur atau minum anggur merah secara teratur menawarkan banyak manfaat kardiovaskular seperti mengurangi resiko penggumpalan darah, mencegah kerusakan pembuluh darah di jantung dan membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

Dikarenakan kandungan kalium yang tinggi, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa makan buah anggur untuk membantu meniadakan efek natrium dalam tubuh.

Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada buah anggur mencegah peradangan kronis dan menurunkan resiko aterosklerosis dan kondisi lainnya.

5. Mengurangi Kelelahan

Anggur merupakan camilan yang pas untuk memerangi kelelahan dan meningkatkan tingkat energi Anda. Anggur mengandung banyak vitamin, magnesium, fosfor, zat besi juga tembaga. Semua nutrisi ini bekerja sama untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, memberikan energi dan melawan gejala kelelahan.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah anggur Anda dapat menyimpan zat besi serta mineral. Buah Anggur mengandung karbohidrat yang membantu menjaga sistem otot dan saraf bekerja dengan baik.

Hanya makan satu atau beberapa anggur atau ½ gelas jus anggur dapat memberikan energi instan dan membuat Anda merasa tidak terlalu lelah. Tetapi, anggur dengan warna gelap tidak dapat memberikan dorongan zat besi yang dibutuhkan untuk melawan kelelahan. Anggur dengan warna terang serta putih yang dapat memerangi kelelahan.

6. Meningkatkan Penglihatan

Anggur melindungi fotoreseptor mata 'dan membantu mencegah degenerasi makula dan penyakit mata lainnya yang terkait.

Menurut penelitian pada tahun 2014 oleh University of Miami Bascom Palmer Eye Institute, anggur membantu melindungi retina dari kerusakan dan membantu merawat mata.

Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam anggur membantu mengurangi kadar protein inflamasi dan meningkatkan jumlah protein pelindung di retina.

Konsumsi buah anggur atau jus anggur secara rutin untuk melindungi retina dari kerusakan dan enikmati penglihatan yang baik selama bertahun-tahun.

7. Mengobati Sembelit

Buah anggur dan jus anggur, keduanya berguna untuk mengobati sembelit. Serat dalam buah anggur terutama serat larut, meningkatkan jumlah produksi enzim pencernaan. Juga dapat meringankan ketidaknyamanan saat buang air besar dan mendorong gerakan usus yang teratur.

Buah anggur juga tinggi akan kandungan air dengan demikian membantu mengatasi masalah buang air besar Anda serta mencegah gangguan pencernaan dan iritasi.

Ketika sembelit, makan semangkuk kecil anggur atau minum segelas jus anggur segar setiap hari. Jika buah anggur segar tidak tersedia, makan kismis yang telah direndam dalam air selama satu atau dua hari. Anda harus makan kismis yang telah direndam bersama dengan air pada waktu perut kosong di pagi hari.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut studi pada tahun 2013 oleh Oregon State University, anggur merah dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Resveratrol ditemukan dalam anggur merah memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem imunitas (kekebalan) tubuh dan mengurangi resiko respon imun yang tidak terkontrol. Ketika sistem imunitas tubuh kuat, akan lebih mudah bagi tubuh Anda untuk melawan penyakit dan infeksi.

Selain itu, anggur menyediakan beberapa nutrisi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, termasuk vitamin C, zat besi, dan vitamin B6.

Untuk mengurangi resiko sakit, mulailah makan buah anggur secara teratur, terutama anggur merah.

9. Detoksifikasi

Anggur adalah diuretik alami dan karenanya memberikan bantuan detoksifikasi, yaitu pelenyapan racun berbahaya dari dalam tubuh kita. Tingkat racun yang tinggi pada tubuh dapat menyebabkan kelelahan kronis, lemah, peradangan, gangguan pencernaan serta masalah kulit.

Anggur memiliki kandungan air yang tinggi dan kandungan kalium yang membantu menghilangkan racun melalui peningkatan aliran urine. Anggur juga berfungsi sebagai obat pencahar karena serat yang terdapat pada kulit dan biji.

Untuk detoksifikasi, makan buah anggur dengan biji. Pastikan untuk mengunyah hingga halus untuk pmemudahkan proses pencernaan/

10. Membuat Tulang Kuat

Berbagai nutrisi dalam buah anggur juga membantu memelihara dan memperkuat tulang Anda. Nutrisi semacam zat besi pada buah anggur penting dalam pembentukan tulang dan kekuatan tulang.

Menurut American Society for Bone and Mineral Research, anggur menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan retensi kalsium tulang. Orang yang mengkonsumsi buah anggur secara teratur memiliki ketebalan korteks femur yang lebih besar dan lebih kuat.

Untuk mengurangi resiko osteoporosis serta meningkatkan kepadatan tulang Anda, makan 1 cangkir anggur beberapa kali dalam seminggu.

Catatan: Untuk menikmati rasa dan manfaat kesehatan dari buah anggur, konsumsi buah anggur dengan langsung dimakan dalam keadaan segar atau dalam bentuk jus. Hindari memasak buah angur karena itu akan menghilangkan zat gizi yang terkandung karena proses pemasakan.

0 Response to "Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan"

Post a Comment