Cara Meningkatkan Produksi ASI

agar produksi asi melimpah, manfaat daun katuk untuk meningkatkan produksi asi, manfaat asi bagi bayi, tips untuk ibu menyusui

Seorang ibu yang baru pertama kali menyusui sering khawatir tentang apakah pasokan ASInya memadai. Kebanyakan ibu memproduksi ASI yang cukup bagi kebutuhan anak mereka. Namun, beberapa ibu tidak dapat menghasilkan jumlah ASI yang memadai.

Minimnya pasokan susu dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, konsumsi pil KB, perubahan hormon tertentu dalam tubuh, kekurangan gizi, posisi menempel yang tidak tepat pada bayi dan jarang menyusui karena puting retak.

ASI yang tidak memadai dapat menempatkan bayi Anda pada resiko tinggi kekurangan gizi, sistem kekebalan tubuh lemah, memori otak yang lemah dan banyak masalah kesehatan lainnya.

ASI adalah sumber nutrisi yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir untuk itu penting bagi para ibu untuk meningkatkan pasokan ASI. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika produksi ASI anda sedikit, dokter akan memberikan resep obat. Anda juga mungkin dapat meningkatkan produksi ASI sendiri dengan menggunakan beberapa cara tradisional berikut.

Cara meningkatkan produksi ASI

1. Kompres Hangat

Dalam beberapa kasus, sirkulasi darah yang rendah di payudara adalah alasan utama di balik tidak memadainya pasokan ASI. Jika hal ini adalah penyebab produksi ASI Anda menurun, Anda dapat menggunakan kompres hangat pada payudara sebelum Anda makan untuk melancarkan sirkulasi darah.

  • Pijat payudara dengan lembut selama 5 menit sebelum menyusui.
  • Celupkan kain bersih dengan air hangat dan peras.
  • Gunakan kain hangat untuk memijat dengan lembut daerah sekitar puting susu.
  • Setelah memijat selama lima sampai 10 menit, Anda dapat menyusui bayi Anda.

Hal ini dapat membantu memperlancar aliran susu.

2. Daun Katuk

Daun Katuk mengandung energi, karbohidrat, protein Vitamin (A, B1, dan C), kalsium dan air. Di Indonesia daun katuk terkenal akan khasiatnya dalam meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Selain itu, daun katuk juga berguna untuk mengobati demam, bisul dan sebagai obat maag. Berikut Resep daun katuk untuk memperbanyak ASI.
  • Siapkan 300 gram daun katuk segar.
  • Rebus dengan 1½ gelas air selama 15 menit.
  • Diamkan hingga dingin kemudian saring air rebusan tadi.
  • Hasil saringan diminum sekali habis.


3. Biji Adas

Biji adas juga membantu meningkatkan produksi ASI. Tanaman ini mengandung galactogogue, yaitu suatu zat yang membantu tubuh dalam memproduksi ASI lebih banyak. Plus, biji adas membantu pencernaan dan membantu mencegah nyeri kolik pada bayi.

Tambahkan satu sendok makan biji adas pada satu cangkir air panas. Tutup cangkir, biarkan selama tiga puluh menit, kemudian saring. Minum ramuan ini dua kali sehari selama satu bulan. Atau Anda dapat mencoba untuk memasukkan biji adas dalam masakan Anda.

4. Biji jinten

Biji jinten juga diyakini untuk merangsang produksi susu. Plus, biji jintan dapat melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit, keasaman dan kembung. Biji jinten juga merupakan sumber zat besi yang menyediakan kekuatan/energi untuk ibu baru saja melahirkan.

Campurkan satu sendok teh jinten dan satu sendok teh gula kedalam segelas susu hangat setiap hari sebelum tidur selama beberapa minggu.
Atau, tambahkan dua sendok teh biji jintan kedalam 1½ cangkir air kemudian didihkan. Saring air rebusan dan tambahkan 2 sendok susu dan satu sendok teh madu. Aduk hinga tercampur rata dan minum sekali sehari selama beberapa minggu.

5. Bawang putih

Galactagogue dalam bawang putih merangsang laktasi. Parut halus tiga siung bawang putih. Rebus bawang putih parut dalam satu cangkir air sampai seluruh jumlah tersebut berkurang menjadi sekitar seperempat. Tambahkan secangkir susu dan rebus kembali hingga mendidih. Angkat dari api, tambahkan satu setengah sendok teh madu dan saring. Minum sekali saja dalam sehari, di pagi hari, selama masa menyusui.

6. Wortel dan Bit

Wortel dan bit keduanya mengandung beta-karoten, yang baik untuk meningkatkan pasokan ASI. Beta-karoten juga bermanfaat bagi pertumbuhan bayi yang baru lahir. Plus, sayuran ini kaya akan mineral dan nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui.

Blender dua wortel dan dua umbi bit untuk membuat jus. Tambahkan garam/madu sesuai selera Anda. Minum 2 kali sehari selama beberapa minggu.
Atau, Anda dapat membuat salad sehat atau sup dengan campuran wortel dan bit.

Tips Tambahan Bagi Ibu Menyusui

  • Menjaga tubuh terhidrasi dengan minum air sepanjang hari.
  • Mengikuti diet bergizi dan mencoba untuk meningkatkan asupan kalori harian Anda.
  • Sering menyusui bayi Anda. Semakin Anda menyusui, semakin banyak susu yang akan dihasilkan.
  • Menyusui bayi Anda dari satu payudara sampai menjadi kosong, dan kemudian beralih ke yang berikutnya.
  • Gunakan payudara pompa untuk memompa ASI selama sekitar 15 menit setiap dua sampai tiga jam untuk meningkatkan pasokan susu payudara.
  • Jangan merokok atau minum beralkohol selama masa menyusui.



0 Response to "Cara Meningkatkan Produksi ASI"

Post a Comment