Cara Membuat Pelembab Bibir (Lip Balm)

cara membuat lip balm, cara melembabkan bibir, cara mencerahkan dan menjaga kesehatan bibir


Musim panas adalah musim yang tidak baik bagi bibir Anda. Suhu udara yang panas, paparan sinar ultra violet, dapat menyebabkan bibir kita menjadi mudah pecah-pecah, kusam, bahkan mengelupas. Tentu Anda tidak mau kan hal itu terjadi pada bibir Anda. Jika Anda dapat merawat bibir Anda dengan baik, bibir Anda dapat menjadi begitu lembut dan cerah.

Berikut beberapa hal buruk bagi bibir yang harus Anda hindari.

1. Merokok dapat menyebabkan kurangnya sirkulasi dan keriput.
2. Tidak adanya SPF (sun protection factor) dapat menyebabkan kulit terbakar matahari.
3. Paraben, yang terdapat pada besar lipstik dapat merusak kulit Anda.
4. Aroma, juga di beberapa lipstik yang beredar dipasaran, dapat membuat kulit Anda menjadi kering.
5. Pemanis buatan lip balm dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Ada beberapa bahan dalam lipstik dan lip balm yang baik untuk Anda. Gliserin serta lidah buaya adalah humektan, yang dapat membuat bibir Anda senantiasa terjaga kelembabannya. Air, dalam bentuk apapun, baik untuk bibir Anda, tetapi akan cepat menguap tanpa sesuatu yang menahannya. Lip balm diciptakan untuk menahan kelembaban bibir. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum Anda menerapkan lip balm adalah scrubbing kulit. Anda dapat membuat scrub dengan mencampur sedikit minyak dengan gula pasir atau garam, menggunakan ujung jari gosok dengan lembut pada bibir Anda dengan gerakan melingkar. Sekarang mari kita simak cara pembuatan lip balm.

Bahan

¼ cangkir minyak (Anda dapat menggunakan minyak biji anggur, minyak kelapa atau juga  minyak almond)
¼ cangkir mentega
Lilin secukupnya untuk membuat sekitar  ¾ cangkir (seperti lilin lebah atau lilin kedelai)
Minyak esensial beberapa tetes, untuk rasa
1 sendok teh bubuk herbal sebagai pewarna, seperti bubuk akar bit

Cara Membuat

1. Mengukur minyak dan mentega ke dalam gelas ukur kaca tahan panas. Masukkan kedalam microwave selama kira-kira satu atau dua menit sampai meleleh.
2. Tambahkan cukup lilin untuk membuat ¾ cangkir. Lelehkan juga di microwave. Gelas ukur kaca akan menjadi sangat panas, jadi kita harus hati-hati ketika mengangkat gelas kaca.
3. Aduk-aduk semua bahan menggunakan sendok stainless steel. Tarik sendok dan diamkan selama beberapa menit sampai yang tingkat kepadatan lip balm. Anda dapat menambahkan minyak jika menginginkan tekstur yang lebih lembut atau lilin untuk tekstur yang lebih keras.
4. Anda dapat memberi warna lip balm Anda dengan menambahkan sedikit bubuk herbal seperti bubuk akar bit. Aduk sampai tidak terdapat benjolan dan warna merata.
5. Tuangkan lip balm ke dalam tabung lip balm bersih atau kaleng.

0 Response to "Cara Membuat Pelembab Bibir (Lip Balm)"

Post a Comment