Obat Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

cara menurunkan berat badan, cara mengontrol berat badan, cara mengurangi nafsu makan, manfaat ginseng untuk menurunkan berat badan, diet sehat


Untuk mendapatkan berat badan ideal sebagian orang melakukan diet ketat yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, bahkan cenderung dapat menyebabkan anoreksia. Menurunkan berat badan dengan cara yang sehat yaitu melalui olahraga dan makan makanan sehat. Tetapi ternyata, tidak hanya dengan olahraga dan makan sehat saja, kita juga dapat menurunkan berat badan dengan obat alami yang tentunya aman dan menyehatkan bagi tubuh.

1. Teh Kayu Manis

Gula darah memiliki dampak langsung pada berat badan karena mempengaruhi rasa lapar dan energi kita. Jika gula darah kita seimbang kita cenderung memiliki nafsu makan yang sesuai kebutuhan tubuh, dan tubuh kita akan cenderung untuk menggunakan lemak (energi) daripada menyimpannya. Banyak studi yang menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengelola kadar gula darah.

Bahan 
1 Sendok teh bubuk kayu manis
1 Batang kayu manis
Air secukupnya

Cara membuat
Tempatkan kayu manis pada cangkir, tuangkan air panas mendidih. Diamkan selama 15 menit sebelum diminum. Minum 1-2 kali sehari.

2. Teh Hijau dan Jahe

Ada tiga komponen utama dalam teh hijau yang bisa membantu menurunkan berat yaitu kafein, catechin, serta theanine. Kafein berfungsi mempercepat sejumlah proses dalam tubuh, termasuk metabolisme yang berkaitan dengan berat badan.

Catechin merupakan flavonoid anti-oksidan, dan unggul pada teh hijau dibandingkan teh hitam karena perbedaan dalam pengolahan (teh hitam difermentasi.) Catechin dapat membantu menurunkan penyerapan lipid (lemak) melalui jalur usus.

Theanine adalah asam amino dalam teh hijau yang bisa mendorong pelepasan dopamin, senyawa kimia yang membuat kita merasa bahagia dan rileks. Jika kita cenderung makan karena stres, ini mungkin berguna. Jahe yang ditambahkan ke teh hijau akan membantu meningkatkan pencernaan.

Bahan
1/2 Inci jahe segar, kupas dan cincang halus atau ½ sendok teh bubuk jahe
1 Sendok teh teh hijau
Air secukupnya
Madu (jika anda ingin)

Cara pembuatan
Seduh teh hijau dan jahe dengan air mendidih. Menyeduh teh hijau jangan terlalu lama karena dapat menjadikan rasa teh jadi pahit, pastikan tidak melebihi 3-4 menit. Tambahkan madu jika anda memerlukan pemanis. Jangan gunakan susu atau gula sebagai pemanis! Minum 1-2 cangkir sehari pada waktu perut kosong.

3. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu dari tanaman dengan akar berdaging yang termasuk dalam genus Panax. Meskipun ada berbagai jenis ginseng, ada dua jenis ginseng yang biasa digunakan yaitu Ginseng Amerika dan Ginseng Korea. Ginseng bekerja sebagai stimulan untuk mempercepat metabolisme yang lambat. Kualitas terbesar Ginseng adalah membantu melawan kelelahan dan meningkatkan energi. Hal ini berguna menambah energi kita untuk berolahraga agar program penurunan berat badan kita menjadi lancar. Tanpa olahrga, mustahil untuk menurunkan berat badan, setidaknya dengan cara yang sehat.

Bahan
1 Sendok teh ginseng cincang Amerika atau Korea
Air secukupnya
Madu atau Lemon (jika dibutuhkan)

Cara Membuat
Didihkan air dan kemudian tuangkan pada cangkir yang telah diberi ginseng, Diamkan 5-9 menit. Saring, tambahkan madu atau lemon jika anda ingin, dan minum 1-2 kali sehari.

4. Permen Karet

Permen karet adalah cara yang bagus untuk mengelabui otak dan perut anda. Permen karet dapat mengurangi nafsu makan dan mengekang dorongan untuk ngemil sesuatu yang tidak sehat, dan juga merangsang aliran air liur, yang membantu enzim memecah pati dan lemak.

Bahan
1 buah pemen karet bebas pemanis buatan

Ketika anda merasa ingin ngemil, kunyah permen karet sebagai gantinya.

5. Yogurt Tawar dan Madu

Probiotik dalam yogurt menjaga keseimbangan usus yang mengoptimalkan pencernaan dan pemecahan zat tertentu (seperti lemak). Madu ditambahkan selain sebagai pemanis juga karena kandungan madu yang baik bagi tubuh. Untuk penurunan berat badan yang optimal, cobalah yogurt rendah lemak.

Bahan
1-2 cangkir yogurt tawar
1 Sendok makan madu atau sesuai selera

Petunjuk 
Makan ini untuk camilan atau sarapan, tambahkan madu untuk tambahan rasa atau buah segar.

6. Lada Hitam dan Jus Lemon

Ramuan sedikit pedas ini mengandung lada hitam dan jus lemon untuk membuat minuman yang dapat membantu anda menurunkan berat badan. Kandungan piperin pada lada hitam yang memberikan rasa pedas, beberapa studi baru telah menunjukkan bahwa piperin dapat mengganggu gen yang mengontrol generasi sel-sel lemak, serta mengurangi kadar lemak dalam aliran darah dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan kita. Jus lemon dapat membantu pencernaan kita.

Bahan
Sejumput lada hitam
Jus dari setengah lemon
Air secukupnya

Cara pembuatan
Campur jus lemon dengan air dan taburi lada hitam. Minum sekali sehari setelah makan.

Tips


  • Berat badan ideal Bukanlah segalanya. Menjadi bugar dan sehat lebih penting daripada menjadi sangat "tipis". 
  • Jangan pernah mengabaikan stres sebagai penyebab kenaikan berat badan. Saat stres tubuh tidak dapat melakukan fungsi apapun, termasuk membakar lemak untuk energi secara optimal ketika anda stres.
  • Jangan Makan sebelum tidur. Makan dimalam hari membuat berat badan cepat naik.


0 Response to "Obat Alami Untuk Menurunkan Berat Badan"

Post a Comment