Cara Mengobati Sakit Gigi

cara ampuh dan cepat obati sakit gigi, gusi bengkak, dan gigi berlubang, cara obati nsakit gigi menggunakan daun jambu biji, garam, cara tradisional obati sakit gigi.


Sakit gigi bisa menimpa siapa saja dari mulai anak-anak hingga lansia. Penyebab sakit gigi diantaranya kerusakan pada gigi, infeksi, penyakit gusi, gigitan yang abnormal. Selain itu perilaku seperti jarang menjaga kebersihan gigi dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis juga dapat menyebabkan sakit gigi. Berikut beberapa cara mengobati sakit gigi secara alami yang bisa anda coba dirumah.

1. Lada dan Garam

Garam yang dicampur dengan lada bisa sangat bermanfaat ketika gigi anda menjadi sangat sensitif,  baik sebagai bahan antibakteri, anti-inflamasi dan analgesik. Campurkan merica dan garam dalam takaran yang sama dengan beberapa tetes air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta langsung pada gigi yang yang sakit.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat obat antibiotik yang sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit. Campurkan bubuk cengkeh dengan bubuk bawan putih dengan garam meja dan terapkan langsung pada gigi yang sakit untuk mengurangi rasa sakit. Atau anda bisa mengunyah satu atau dua siung bawang putih.

3. Cengkeh

Cengkeh juga dapat mengurangi rasa sakit gigi dan melawan infeksi. Tumbuk 2 buah cengkeh. Campuran dalam sedikit minyak zaitun atau minyak sayur dan oleskan pada gigi yang sakit. Cara lainnya adalah oleskan kapas kedalam minyak cengkeh dan gosokkan langsung pada gigi yang sakit. Atau anda dapat campur beberapa tetes minyak cengkeh kedalam setengah gelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

4. Bawang Merah

Bawang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang mengontrol sakit gigi. Hal ini dapat meredakan rasa sakit pada gigi dengan membunuh kuman yang menyebabkan infeksi. Caranya kunyah bawang merah mentah selama beberapa menit untuk mengurangi rasa sakit. Jika anda tidak dapat mengunyahnya, letakkan sepotong bawang merah mentah pada gigi yang sakit.

5. Asafetida

Masalah gigi seperti sakit gigi dan gusi berdarah dapat diobati dengan menggunakan asafetida. Cukup tambahkan sejumput atau satu setengah sendok teh bubuk asafetida pada dua sendok teh jus lemon. Gunakan kapas untuk menerapkan pada daerah yang sakit. Ini akan menghilangkan rasa sakit.

6. Air Garam Hangat 

Segelas air garam hangat bisa membantu mengobati sakit gigi. Campur setengah sendok garam dalam segelas air panas dan gunakan untuk berkumur.Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, dan juga melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.

7. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mengandung anti-inflamasi, analgesik dan antimikroba yang dapat meringankan sakit gigi. Cukup kunyah satu atau dua lembar daun jambu biji sampai mengenai gigi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan tempatkan 4-5 daun jambu biji dalam panci tambahkan air secukupnya dan didihkan. Biarkan larutan dingin ke suhu suam-suam kuku (hangat) dan tambahkan garam. Gunakan air rebusan tadi sebagai obat kumur.

8. Ekstrak Vanili

Ekstrak vanili dapat meredakan rasa sakit pada gigi sekaligus  memiliki efek menenangkan.Celupkan kapas dalam ekstrak vanili dan oleskan pada daerah yang sakit.

9. Jus Rumput Gandum

Rumput gandum memiliki sifat antibakteri alami yang akan membantu melawan kerusakan gigi dan meredakan sakit gigi. Gunakan ekstrak jus rumput gandum sebagai obat kumur. cara ini dapat menyerap racun yang terdapat pada gusi, mengurangi pertumbuhan bakteri dan mencegah infeksi. 

10. Es batu

Es dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi, dinginnya es akan membuat mati rasa pada ujung saraf.Caranya, bungkus es batu dengan kain katun tipis. Tempelkan pada pipi dekat gigi yang sakit selama beberapa menit. Jika sakit gigi anda telah terkena saraf, kontak dengan dingin dapat menyebabkan rasa sakit.Teknik akupresur yang dapat meringankan rasa sakit gigi adalah untuk menggosok es batu di antara jari telunjuk dan ibu jari selama beberapa menit.

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Gigi"

Post a Comment