15 Manfaat Penting Buah Alpukat Bagi Tubuh

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

loading...
khasiat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan, manfaat buah alpukat bagi tubuh, manfaat jus alpukat, masker alpukat untuk kecantikan

Banyak dari kita tidak mengetahui manfaat alpukat. Buah bertekstur halus ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah alpukat secara rutin lebih sehat daripada mereka yang tidak.

Alpukat merupakan buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, K, zat besi, fosfor, magnesium, serta kalium. Alpukat juga mengandung serat, protein, serta beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione serta lutein, yang dapat melindungi tubuh terhadap penyakit

Berikut manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Alpukat mengandung vitamin B6 & asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat homosistein yang tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Dalam alpukat juga terdapat vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu merawat kesehatan jantung kita.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut sebuah penelitian, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang mengkonsumsi alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki 17 persen penurunan kadar kolesterol darah total, penurunan 22 persen pada LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, dan peningkatan 11 persen pada HDL (kolesterol baik).

3. Kontrol tekanan darah

Alpukat mengandung kalium, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah.

4. Sifat anti-inflamasi

Senyawa phytonutrisi yang terdapat dalam alpukat, seperti polifenol dan flavonoid telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Alpukat mengandung lutein karotenoid, yang dapat membantu melindungi kita dari penyakit mata yang disebabkan karena meningkatnya usia seperti,  degenerasi makula dan katarak.

6. Mengatur tingkat gula darah

Monounsaturated fat (Lemak tak jenuh tunggal) lemak baik dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang membantu mengatur tingkat gula darah. Alpukat juga mengandung serat larut yang menjaga kadar gula darah stabil.

7. Mencegah cacat lahir

Alpukat kaya akan folat, vitamin B dikenal sebagai asam folat. Dalam satu cangkir jus alpukat terdapat sekitar 23% dari nilai harian folat yang direkomendasikan. Jumlah folat yang tinggi dalam alpukat berguna untuk pencegahan cacat lahir pada bayi, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida. 

8. Mengurangi resiko stroke

Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga dapat melindungi kita terhadap stroke. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan kaya folat memiliki resiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

9. Melindungi terhadap kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Kandungan Asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

10. Melawan radikal bebas

Alpukat mengandung glutathione, suatu antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

11. Sifat anti-penuaan

Kaya akan antioksidan membuat alpukat bermanfaat dalam mencegah tanda-tanda penuaan. Glutathione dalam alpukat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, serta mendorong sistem saraf yang sehat.

12. Menghilangkan bau mulut

Alpukat adalah buah yang berfungsi sebagai pencuci mulut alami dan obat bau mulut. Alpukat juga dapat membersihkan usus yang merupakan penyebab sebenarnya lidah dilapisi warna putih dan bau mulut.

13. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Asupan alpukat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, ketika partisipan makan salad termasuk alpukat. Alpukat menyerap lima kali lebih banyak jumlah karotenoid (kelompok nutrisi yang mencakup beta karoten dan lycopene) daripada mereka yang tidak makan alpukat.

14. Perawatan Kulit

Minyak alpukat banyak digunakan untuk kosmetik karena kemampuannya dalam memelihara kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Alpukat juga membantu dalam menyembuhkan psoriasis, penyakit kulit yang menjadikan kulit kemerahan dan iritasi.

15. Meningkatkan berat badan

Alpukat memiliki 200 kalori untuk tiap 100 gram. Biasanya, buah-buahan memiliki sekitar 60-80 kalori untuk tiap 100 gram. Karena jumlah kalori yang tinggi, alpukat adalah makanan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menambah berat badan mereka. Alpukat juga sumber kalori yang sehat, tidak seperti kebanyakan makanan padat kalori lainnya yang mungkin mengandung kelebihan lemak jenuh (lemak jahat) dan gula.


Belum ada Komentar untuk "15 Manfaat Penting Buah Alpukat Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel