Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata, tips menjaga kesehatan mata, tips menjaga kesehatan mata dengan makanan, tips menjaga kesehatan mata dengan sayuran, tips menjaga kesehatan mata dengan wortel,

Pikirkan sejenak seberapa sering kita menggunakan mata kita setiap hari. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan alam disekitar kita, membaca buku, dan melihat wajah orang yang kita cintai. Mata merupakan salah satu panca indera yang penting dalam menopang kegiatan sehari-hari, mata yang sehat membuat aktivitas kita menjadi lebih efisien. Agar mata terhindar dari kerusakan, kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata.

Tips menjaga kesehatan mata


Periksa mata secara teratur
Bagi anda yang tidak memiliki masalah penglihatan atau penglihatan anda masih baik, mungkin anda akan mengabaikan memeriksakan mata secara teratur ke dokter. Melakukan pemeriksaan mata bukan hanya untuk orang-orang yang mengalami perubahan dalam ketajaman penglihatan mereka. Pemeriksaan mata adalah cara penting untuk mendeteksi perubahan kesehatan mata anda dan juga dapat mendeteksi masalah kesehatan lainnya, seperti glukoma dan diabetes.Perawatan mata harus dimulai sedini mungkin, dan harus menjadi bagian dari rutinitas tahunan anda.

Melindungi mata
Sangat penting untuk melindungi mata Anda dari pengaruh buruk lingkungan. Sinar matahari ultraviolet (UV) dapat merusak mata anda. Bahkan, sering terkena paparan sinar UV dapat meningkatkan resiko katarak. Lindungi mata dari paparan sinar ultra violet dengan mengenakan kaca mata hitam. Gunakan juga kaca mata pelindung saat bekerja, guna menghindari benda yang masuk ke mata anda.

Ikuti aturan 20-20-20 saat menggunakan komputer
Menatap komputer atau perangkat digital lainnya dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan juga dapat menyebabkan mata kering, pandangan kabur, dan pusing. Untuk membantu mengatasi masalah ini, istirahatkan mata anda setiap 20 menit dengan melihat benda 20 meter di depan anda selama 20 detik.

Stop Merokok !
Merokok membuat anda lebih rentan mengalami degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan rusaknya sel-sel dalam makula retina yang berguna untuk medeteksi cahaya dan warna guna mempertajam penglihatan kita. Merokok juga dapat menyebabkan meningkatkan resiko katarak. So, bagi anda yang merokok, mulailah kurangi rokok anda secara perlahan dari sekarang kemudian berhentilah merokok.

Tips menjaga kesehatan mata dengan makanan


Kangkung
Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung tinggi akan lutein dan zeaxanthin, dua nutrisi yang baik untuk kesehatan mata anda. Tapi bagi anda yang tidak menyukai kangkung, anda tak perlu khawatir sayuran hijau lainnya seperti bayam, selada, sawi dan lobak hijau, brokoli, dan jagung juga mengandung nutrisi yang baik bagi mata.


Salmon
Beberapa studi menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan air dingin seperti salmon, tuna, dan sarden dapat mengurangi resiko penyakit mata di kemudian hari.

Jeruk
Jeruk dan lemon tinggi akan vitamin C, antioksidan yang penting untuk kesehatan mata.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, dan kacang tanah mengandung seng (zinc), merupakan mineral yang penting bagi mata. Zinc dapat membantu melindungi mata anda dari efek sinar uv yang merusak mata.

Wortel
Wortel kaya akan beta karoten, nutrisi yang menjaga kesehatan mata.

0 Response to "Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata"

Post a Comment