Manfaat Teh Bagi Kesehatan

manfaat teh hitam dan teh hijau, Manfaat Teh Bagi Kesehatan, manfaat dalam secangkir teh
Secangkir teh di pagi hari dapat menghangat suasana pagi anda. Tapi tahukah anda teh tak hanya menghangatkan,  teh juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Ada banyak penelitian yang telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk mengamati khasiat teh. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan mengkonsumsi rutin teh hitam dapat meningkatkan berat badan dan distribusi lemak.

Mengomentari studi ini, Dr Tim Bond dari Penasehat Teh mengatakan "Studi ini bertujuan untuk mengetahui efek dari teh hitam pada berat badan dan lemak tubuh. Juga banyak percobaan yang telah dilakukan yang menunjukkan manfaat mengkonsumsi teh hitam, terutama untuk kesehatan jantung. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan flavonoids dalam teh."

"Temuan menunjukkan bahwa efek jangka pendek mengkonsumsi teh hitam secara rutin selama lebih dari tiga bulan dapat meningkatkan berat badan dan distribusi lemak tubuh, dibandingkan dengan minuman yang mengandung kafein."

Studi terbaru lain menyoroti bahwa minum teh juga bisa mengurangi resiko patah tulang pinggul.

Orang yang minum 1-4 cangkir teh setiap hari memiliki resiko lebih rendah terhadap patah tulang pinggul daripada mereka yang tidak minum teh. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Osteoporosis International.

Mengomentari studi ini, Dr Carrie Ruxton, ahli diet dan seorang anggota Advisory Panel Tea (TAP), mencatat:

"Sejumlah penelitian telah menghubungan konsumsi teh dengan penurunan resiko patah tulang dan ini adalah hasil analisis dari 14 studi yang telah dievaluasi dalam konsumsi teh dan kopi. Analisis melibatkan enam kelompok dan delapan studi kasus lainnnya pada 195.992 orang, termasuk didalamnya 9.958 orang yang memiliki kasus patah tulang pinggul. Untuk mengetahui bahwa menikmati secangkir teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

"Patah tulang sering disebabkan oleh osteoporosis, yang menyebabkan kecacatan fungsional. Sebuah penelitian yang diterbitkan awal tahun ini menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam berhubungan dengan kinerja fisik fungsional yang lebih baik. Teh bisa memiliki efek positif karena adanya fluoride dalam minuman teh atau karena kandungan flavonoid dalam teh sebagai antioksidan yang mendukung pertumbuhan sel tulang.

Singkatnya, Dr Ruxton menambahkan: "Secara keseluruhan penelitian ini menunjukkan manfaat minum teh terutama pada orang dewasa yang di antaranya mengalami patah dan cacat fungsional. Konsumsi 4 cangkir teh setiap hari juga telah dikaitkan dengan kesehatan jantung."

Tiga cangkir atau lebih teh hitam setiap hari, dalam studi penelitian telah menunjukkan dampak positif terhadap kesehatan terutama penurunan resiko penyakit jantung. Konsumsi di kisaran 1-8 cangkir setiap hari masih memiliki manfaat bagi kesehatan dan tidak menimbulkan efek samping.

Konsumsi teh 1-4 cangkir dalam sehari berpotensi mengurangi resiko mengalami diabetes. Teh juga bisa mengurangi resiko stroke, walau kemungkinannya masih kecil.

Dr Ruxton menambahkan: "Manfaat kesehatan dari minum teh dapat dijelaskan karena adanya zat penting, flavonoid, senyawa tanaman dari keluarga polifenol. Kesalahpahaman masyarakat tentang minum teh yang dicampur susu dapat mengurangi ketersediaan flavonoid yang bermanfaat, itu tidak benar. Menambahkan susu pada teh tidak mempengaruhi bioaktivitas dalam tubuh manusia menurut sebagian besar penelitian yang meneliti masalah ini. "

"Teh hijau lebih populer karena manfaatnya yang sering dibicarakan banyak orang tetapi tidak semua orang tahu bahwa semua teh sebenarnya berasal dari tanaman yang sama, Camellia sinensis. Oleh karena itu, teh hitam dan hijau memiliki manfaat kesehatan yang sama. Bahkan, baik teh hitam maupun teh hijau memiliki potensi untuk mengurangi resiko karies gigi, diabetes, penyakit jantung dan kemungkinan kanker. "

0 Response to "Manfaat Teh Bagi Kesehatan"

Post a Comment