4 Cara Mengatasi Stres Kronis

4 Cara Mengatasi Stres Kronis, cara mengatasi stres, ciri-ciri stres, cara efektif mengatasi stres, Semua orang pasti pernah merasa stres. Ternyata stres dapat memberikan aliran energi bagi kita loh. Misalnya ketika menghadapi persaingan dalam olahraga, bekerja pada sebuah proyek penting, menghadapi situasi berbahaya atau mengerjakan tugas sekolah yang mendekati deadline. Hormon dan bahan kimia lain yang dihasilkan saat sedang stres mempersiapkan Anda untuk bertindak lebih cepat. Anda bernapas lebih cepat, detak jantung Anda mempercepat, gula darah meningkat untuk memberikan energi, dan otak Anda menggunakan lebih banyakSemua orang pasti pernah merasa stres. Ternyata stres dapat memberikan aliran energi bagi kita loh. Misalnya ketika menghadapi persaingan dalam olahraga, bekerja pada sebuah proyek penting, menghadapi situasi berbahaya atau mengerjakan tugas sekolah yang mendekati deadline. Hormon dan bahan kimia lain yang dihasilkan saat sedang stres mempersiapkan Anda untuk bertindak lebih cepat. Anda bernapas lebih cepat, detak jantung Anda mempercepat, gula darah meningkat untuk memberikan energi, dan otak Anda menggunakan lebih banyak oksigen karena bergeser ke siaga tinggi.

Tapi jika stres berlangsung dalam waktu yang lama disebut sebagai stres kronis. Keaadan stress yang justru tidak membantu kita dalam bertindak tapi malah membahayakan . "Stres jelas memnyebabkan tingkat yang lebih tinggi dari peradangan, yang diduga berkontribusi terhadap banyak penyakit penuaan. Peradangan telah dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, arthritis, kelemahan, dan penurunan fungsional, "kata Dr Janice Kiecolt-Glaser, seorang peneliti terkemuka stres di Ohio State University. Dia dan peneliti lainnya telah menemukan bahwa stres mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, yang kemudian melemahkan respon Anda terhadap vaksin dan merusak penyembuhan luka.

Beberapa penelitian telah menemukan efek fisik, emosional, dan sosial dari penyakit seperti kanker menjadikan stres bagi pasien, perawat, dan penderita kanker jangka panjang. Namun, tidak ada bukti bahwa stres menyebabkan kanker atau berhubungan dengan berapa lama seseorang bertahan setelah diagnosis kanker.

Penyebab utama stres diantaranya adalah uang dan tekanan yang berhubungan dengan pekerjaan. Stres juga dapat timbul dari kejadian yang mengubah hidup kita, seperti kematian orang yang dicintai, perceraian, sakit, atau kehilangan pekerjaan. Traumatic stress yang disebabkan oleh peristiwa ekstrim seperti kecelakaan besar, kekerasan, atau bencana alam seperti badai atau banjir.

Merawat orang dengan penyakit-seperti berat seperti demensia atau kanker dapat juga menjadi sumber signifikan dari stres. Lebih dari satu dekade lalu, studi oleh Kiecolt-Glaser dan lain-lain menunjukkan bahwa tuntutan stres ditempatkan pada perawat dapat menyebabkan kesehatan yang lebih buruk, respon yang lebih rendah untuk vaksin, meningkatkan peradangan, dan tingkat kematian lebih dari 60% lebih tinggi dibandingkan dengan non-pengasuh.

Tidak jelas mengapa beberapa orang dapat menghindari atau pulih lebih cepat dari stres daripada yang lain. Orang-orang tangguh tampaknya "bangkit kembali" lebih mudah setelah mengalami stres. Tetapi belajar cara sehat untuk mengatasi stres juga dapat meningkatkan ketahanan Anda terhadap terjadinya stres.

Ada banyak cara untuk mengatasi stres. Menurut studi yang pernah dilakukan berikut cara mengatasi stres yang efektif.
1. Berkumpul dengan keluarga dan teman-teman
Menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman dapat membuat perasaan kita menjadi lebih bahagia. Menjalin silaturahmi merupakan hal yang bisa anda lalukan untuk meredam stres.Anda juga bisa berbagi cerita tentang masalah yang sedang dihadapi.

2. Olahraga secara teratur
Kiecolt-Glaser mengungkapkan, "ketika kita sedang stres, kita cenderung untuk melakukan hal-hal buruk yang sama sekali tidak baik bagi kesehatan kita". Orang yang sedang merasa stres pasti enggan melakukan olahraga, padahal olahraga merupakan faktor penting untuk mengurangi tingkat stres.

3. Tidur yang cukup
Mendapatkan tidur yang cukup juga kunci untuk mengatasi stres. Meskipun stres itu sendiri dapat mengganggu tidur. Untuk meningkatkan kebiasaan tidur Anda, pergi ke tempat tidur saat yang sama setiap malam dan bangun waktu yang sama setiap pagi, dan membatasi penggunaan benda elektronik yang memancarkan cahaya seperti komputer dan smartphone sebelum tidur. Cahaya dapat mengurangi produksi hormon tidur alami yang disebut melatonin, yang kemudian membuat sulit untuk tertidur.

4. Hubungi dokter
Jika Anda merasa kewalahan menghadapi stres, konsultasi dengan dokter atau ahli psikologi harus anda lakukan. Obat atau terapi lain dapat membantu Anda mengatasinya. Dalam jangka panjang, mengurangi stres dapat membantu Anda untuk menikmati waktu Anda dengan orang-orang dan kegiatan yang anda senangi.

2 Responses to "4 Cara Mengatasi Stres Kronis"

  1. nice artikel nya kak :)

    kunjungi balik blog sya ya kak hhe : http://pantundanpuisiku.blogspot.com/

    ReplyDelete