10 Cara Menjaga Kesehatan Mulut

tips kesehatan dan kebersihan mulut, cara menjaga kesehatan mulut, cara menjaga kesehatan gigi dan gusi, gigi kuning, gigi berlubang, bau mulut
10 Cara Menjaga Kesehatan Mulut - Tersenyum merupakan aktivitas yang paling sering kita lakukan dalam keseharian. Saat tersenyum tentu gigi dan gusi kita akan terlihat. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan mulut. Menjaga kesehatan mulut menghindarkan kita dari bau mulut, dengan begitu kita akan tetap merasa percaya diri ketika berbincang dengan orang lain.

Ada berbagai macam cara sederhana yang bisa anda lakukan dalam rutinitas sehari-hari anda, yang dapat membuat perubahan pada kesehatan mulut anda. Yuk simak cara menjaga kebersihan mulut berikut.

1. Membersihkan gigi dengan benang.

Menggunakan benang gigi efektif membersihkan potongan-potongan kecil makanan yang terjebak di antara sela-sela. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan berubah menjadi plak dikemudian hari, tempat bagi bakteri untuk berkembang biak, dan menyebabkan erosi pada email gigi. Gunakan benang untuk membersihkan gigi minimal 3 kali dalam seminggu.


2. Netralkan Asam

Permen karet membantu membersihkan gigi dengan membuang kotoran yang menempel pada gigi dan merangsang produksi air liur. Permen karet meningkatkan kemampuan air liur menetralkan asam dan mengembalikan mineral email gigi anda, yang dapat memperkuat gigi. Pilih permen karet yang bebas gula dan mengandung whitening.

3. Susu dan Yogurt

Email sangat mirip dengan tulang pastikan anda makan banyak susu dan yoghurt. Bukan hanya karena memperkuat gigi dan beberapa orang percaya susu juga dapat meningkatkan putih alami dari email gigi. Makan popcorn juga bagus untuk gigi. Cobalah makan popcorn polos. Tekstur popcorn bertindak sebagai sikat gigi alami dan menghilangkan beberapa bakteri berbahaya yang terdapat dalam gigi.


4. Air

Air tidak hanya penting bagi kesehatan tubuh kita, air juga penting bagi kesehatan mulut. Air berfungsi sebagai pembersih dan memiliki kekuatan untuk membersihkan bakteri dan sisa makanan pada gigi jadi pastikan untuk minum segelas air putih setelah makan. Air putih juga mencegah mulut anda dari dehidrasi. Dengan mengkonsumsi cukup air memungkinkan anda untuk menghasilkan air liur. Air liur mengandung asam alami yang berguna memecah makanan dan bakteri di dalam mulut.

5. Ganti sikat gigi 2-3 bulan sekali

Menyikat gigi menghilangkan noda, plak dan bakteri pada gigi dan gusi, ditambah dengan kandungan flouride dalam pasta gigi akan membantu menjaga email gigi. Pastikan anda mengganti sikat gigi anda setidaknya setiap dua sampai tiga bulan.

6. Obat kumur

  Berguna membuat napas menjadi segar. Gunakan obat kumur setiap anda selesai menggosok gigi.

7. Berhenti merokok

Merokok menjadi salah satu penyebab terbesar kerusakan gigi dan perubahan warna gigi. Dalam waktu singkat merokok dapat menyebabkan gigi menjadi kuning dan dalam waktu tahunan merokok dapat mengubah warna gigi menjadi coklat.

8. Minuman berwarna gelap

Hindari minuman seperti kopi dan teh, jika anda meminum kopi atau teh, minum segelas air setelahnya karena hal ini akan membantu meminimalkan pewarnaan pada gigi.

9. Periksa gigi secara rutin ke dokter gigi

Seperti yang disarankan periksakan gigi anda setiap 6 bulan sekali. Dokter gigi akan memeriksa mulut anda secara keseluruhan dan langsung mengatasi jika terjadi masalah kecil pada gigi. Karena bermula dari masalah kecil yang tidak segera ditangani nantinya bisa menjadi masalah yg serius bagi gigi anda.

10. Kawat gigi

Gigi yang lurus lebih mudah untuk dibersihkan. Sehingga mengurangi resiko penyakit gusi dan kerusakan pada gigi. Untuk pemasangan kawat gigi tidak ada batasan usia.

0 Response to "10 Cara Menjaga Kesehatan Mulut"

Post a Comment